Awas, Aplikasi Barcode Scanner ini Mengandung Malware

 Awas, Aplikasi Barcode Scanner ini Mengandung Malware

barcode scanner

Aplikasi pemindai barcode scanner terkenal dihapus dari Google Play Store sehabis menerima pembaharuan yang buatnya jadi perlengkapan penyebar malware ke jutaan ponsel pengguna.

Aplikasi bernama Barcode Scanner tersebut sesungguhnya ialah aplikasi simpel yang menawarkan guna buat memindai QR code serta membuat barcode. Aplikasi ini dibesarkan oleh Lavabird Ltd., serta sudah diunduh lebih dari 10 juta kali.

Tetapi sebagian pengguna aplikasi ini setelah itu mengeluhkan sebagian keanehan yang timbul di ponsel mereka, semacam browser default yang dibuka dengan sendirinya serta menunjukkan iklan secara seketika.

Awal mulanya sebagian pengguna tidak mengenali apa yang menimbulkan kendala ini sebab mereka tidak sempat mengunduh aplikasi belum lama ini, serta senantiasa mengunduh aplikasi dari Play Store. Tetapi, periset dari Malwarebytes menciptakan kalau Barcode Scanner ialah biang keroknya.

Baca Juga: Pengembang Game Cyberpunk 2077 Diserang Ransomware

Laporan dari Malwarebytes, semacam dilansir dari Gizmodo, Selasa( 9/ 2/ 2021) menciptakan kalau malware yang menimbulkan ponsel kerap menunjukkan iklan itu disebarkan ke ponsel pengguna melalui pembaharuan yang digulirkan pada Desember kemudian.

” Seram kalau dengan satu pembaharuan aplikasi dapat berganti jadi beresiko dikala terletak di dasar radar Google Play Store. Aku heran kalau pengembang aplikasi dengan aplikasi terkenal ingin mengubahnya jadi malware,” kata periset Malwarebytes Nathan Collier dalam laporannya.

” Apakah ini skemanya sepanjang ini, buat mempunyai aplikasi yang biasa saja, menunggu buat melanda sehabis terkenal? Aku pikir kita tidak hendak ketahui,” sambungnya.

Collier berkata malware yang terdapat di Barcode Scanner kadangkala diakibatkan oleh aplikasi development kits( SDK) dari pihak ketiga yang digunakan pengembang buat memasang iklan di aplikasinya. Tetapi terdapat sebagian SDK yang melampaui batasan tanpa sepengetahuan pengembang.

Tidak cuma itu, siapapun yang memasukkan kode beresiko ke Barcode Scanner pula berupaya menutupinya supaya tidak ditemukan oleh Google.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Adware?

Google langsung menghapus aplikasi ini sehabis memperoleh laporan dari Collier. Walaupun Barcode Scanner sudah dihapus oleh Google, pengguna yang telah mengunduh aplikasi ini wajib menghapusnya dari ponsel secara manual.

Dikala ini terdapat banyak aplikasi pemindai barcode dengan nama yang sama. Buat membenarkan kalau aplikasi pemindai barcode di ponsel kamu berbeda dengan Barcode Scanner yang beresiko, yakinkan aplikasi kamu tidak terbuat oleh Lavabird LTD., serta tidak mempunyai nama package com. qrcodescanner. barcodescanner.

omahgames

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *